Tips Mudah Cara Mencegah Kerontokan Rambut untuk Wanita

Rambut rontok, siapa yang yak panik menghadapi situasi seperti ini. Setiap hari ada puluhan helai rambut berserakan di lantai yang membuat kita khawatir. Terlebih bagi para wanita yang menganggap rambut adalah penyempurna kecantikan mereka. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penggunaan produk-produk pewarnaan rambut, penggunaan catok, penggunaan shampo yang tak tepat hingga perubahan hormonal di dalam tubuh. Kerontokan rambut sebenarnya bisa dicegah dengan cara mudah. Cara mencegah kerontokan rambut tentu lebih baik menggunakan produk alami  daripada menggunakan perawatan salon mahal.

Cara Mencegah Kerontokan Rambut

Cara Mencegah Kerontokan Rambut

Semua orang kehilangan rambut setiap hari, sehingga tidak perlu panik setiap kali beberapa helai berjatuhan. Rambut terus berkembang, namun, pada gilirannya, beberapa helai mencapai usia tua dan akhirnya rontok. Secara genetika beberapa orang memiliki lebih sedikit helai rambut yang tumbuh dibanding dengan yang rontok. Untuk itu cobalah tips mudah cara mencegah kerontokan rambut berikut ini di rumah dan lihat seberapa efektif dalam mengurangi rambut rontok yang anda derita :

1. Perawatan minyak alami
Adan bisa menyiapkan minyak alami apakah itu minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kanola. Panaskan sampai bersuhu hangat, lalu aplikasikan terutama ke kulit kepala hingga merata. Pijat dengan lembut kulit kepala Anda. Kenakan topi mandi dan biarkan selama satu jam, kemudian lakukan keramas untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang masih menempel.

2. Jus alami
Anda dapat menggosok kulit kepala Anda dengan memanfaatkan jus alami. Siapkan bahan-bahannya sesuai dengan kebutuhan. Apakah itu anda akan membuat jus bawang putih, jus bawang merah atau jus jahe. Biarkan semalaman dan cuci secara menyeluruh rambut anda di pagi hari.

3. Pemijatan kulit kepala
Cara mencegah kerontokan rambut pun bisa dengan memijat kulit kepala Anda selama beberapa menit setiap hari. Kebiasaan baik ini akan membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lancar. Lancarnya sirkulasi darah di kulit kepala akan menjaga folikel rambut selalu aktif menjaga kekuatan rambut dari akar. Sirkulasi darah dapat diperbaiki melalui pemijatan menggunakan beberapa tetes minyak lavender, minyak almond atau minyak wijen.

4. Antioksidan
Terapkan teh hijau hangat (dua kantong diseduh dalam satu cangkir air) ke kulit kepala Anda dan biarkan selama satu jam baru kemudian dibilas menggunakan air bersih. Seperti diketahui teh hijau mengandung beberapa senyawa antioksidan alami yang mampu mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Praktekkan meditasi
Percaya atau tidak, sebagian besar penyebab rambut rontok adalah stres dan ketegangan. Meditasi atau penenangan fisik dan piliran dapat membantu mengurangi itu dan mengembalikan keseimbangan hormonal di dalam tubuh.