Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami, Mudah dan Efektif

Rambut kita terdiri dari protein yang disebut keratin yang diproduksi di folikel rambut. Folikel menghasilkan sel-sel rambut baru, dan sel-sel tua didorong keluar melalui permukaan kulit sekitar 20 cm per tahun. Rambut yang dapat kita lihat sebenarnya adalah jaringan sel keratin mati. Fakta yang menarik dari rambut ini yaitu setiap orang dewasa rata-rata memiliki sekitar 100.000 sampai 150.000 helai rambut dan mengalami kerontokan sekitar 100 helai/hari. Oleh karena itu menemukan beberapa rambut tersangkut di sisir rambut tidak selalu berarti pertanda rambut sedang bermasalah.

Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami

Cara Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami

Awalnya, rambut rontok dipandang sebagai tanda penuaan meski tak selalu begitu. Ada berbagai penyebab rambut rontok, mulai dari obat-obatan, ketidakseimbangan hormon, jenis diet yang Anda konsumsi dan juga stres kerja. Sudah menjadi kebiasaan, kita semua mencari obat kimia instan untuk rambut rontok dengan harapan bisa memberikan hasil cepat meski menyadari konsekuensi bahayanya. Alih-alih mendapatkan resiko dari penggunaan produk-produk kimia perawatan rambut, berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami yang mudah dan efektif. Sebagian besar bahan-bahan yang digunakan malah bisa dijumpai di dapur anda.

1. Bawang Putih
Bahan alami yang satu ini dianggap sebagai salah satu obat rambut rontok paling efektif. Alasannya bawang putih mengandung senyawa belerang yang terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen dalam jaringan dan membantu dalam pertumbuhan kembali rambut. Jangan biarkan baunya yang kuat membuat Anda urung menggunakannya. Cara menghilangkan rambut rontok secara alami dengan bawang putih ini dilakukan dengan membuat jus bawang putih. Selanjutnya terapkan ke kulit kepala dan biarkan selama sekitar 10-15 menit. Kemudian bilas dengan sampo ringan.

2. Minyak Kelapa
Menurut Dr. Blossom Kochhar, Ketua, Blossom Kochhar Group of Companies, obat paling efektif untuk pertumbuhan rambut alami adalah penggunaan santan yang kaya akan zat besi, kalium dan lemak esensial. Caranya buat santan dari kelapa segar. Kemudian tambahkan perasan lemon dari setengah butir dan 4 tetes minyak esensial lavender. Campur secara merata dan terapkan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 4-5 jam dan kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Telur
Bahan dari alam ini digunakan di seluruh dunia untuk perawatan cepat dan alami menumbuhkan rambut. Seperti kita ketahui, telur mengandung kadar protein tinggi yang akan merangsang pembentukan rambut baru. Telur juga kaya akan sulfur, seng, besi, selenium, fosfor dan yodium. Untuk membuat masker telur ini gunakan putih telur dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun (Anda juga dapat menggunakan minyak biji anggur atau minyak lavender) dan madu. Buatlah pasta dari bahan-bahan itu dan aplikasikan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala selanjutnya biarkan selama sekitar 20 menit. Cuci sisa-sisa masker hingga bersih dengan keramas.

4. Cuka Apel
Cuka apel adalah bahan lembut yang akan membersihkan kulit kepala dan menjaga keseimbangan pH rambut sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Cara menghilangkan rambut rontok secara alami ini dimulai dengan membuat larutan dengan mengencerkan 75 ml cuka apel dalam satu liter air. Bila volume rambut hanya sedikit maka gunakan 15 ml cuka apel diencerkan dalam secangkir air. Untuk menerapkan larutan ini, gunakan sebagai bilasan akhir setelah mengeramas rambut Anda. Cara ini pun akan membuat rambut Anda menjadi bersinar sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut.