Cara Perawatan Rambut Kering, Gunakan 2 Pilihan Alami Berikut

Rambut kering terutama pada ujung-ujungnya adalah kejadian yang sangat umum di derita banyak orang. Kulit kepala merupakan satu-satunya sumber kelembaban alami bagi rambut Anda. Dengan bertambahnya usia maka kulit kepala memproduksi lebih sedikit minyak alami untuk rambut sehingga rambut cenderung kering. Cuaca kering juga dapat menghilangkan kelembaban untaian rambut Anda. Bila itu yang sekarang anda alami maka penting untuk mengetahui cara perawatan rambut kering berikut ini :

Cara Perawatan Rambut Kering

Cara Perawatan Rambut Kering

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu bahan alami dengan efek mendinginkan yang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Cuka sari apel untuk rambut bekerja pada kutikula atau lapisan luar rambut. Kutikula dapat dipahami sebagai lapisan rambut seperti rajutan tumpang tindih tak terputus menyerupai sisik ikan dan menutupi seluruh permukaan rambut. Ketika Anda keramas maka lapisan kutikula ini akan membuka. Jika Anda tidak mengambil langkah-langkah untuk memulihkan kutikula maka rambut Anda akan terlihat kering dan kasar setelah keramas. Rambut Anda juga dapat menjadi kusam dan kering karena adanya penumpukan residu shampo yang terjebak dalam batang rambut. Cuka sari apel tidak hanya mengembalikan pelindung lapisan kutikula rambut, tetapi juga membersihkan penumpukan residu di batang rambut. Manfaat cuka sari apel tidak berhenti sampai di sini sebab bahan ini pun akan mengembalikan tingkat pH alami rambut dan menyingkirkan gatal di kulit kepala. Jadi, masuk akal untuk menggunakan larutan cuka sari apel sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Larutkan sekitar 75 ml cuka sari apel dalam 1 liter air untuk bilasan ini. Gunakan seminggu 1 hingga 2 kali.

2. Alpukat

Buah Alpukat telah dikenal sejak lama sebagai makanan super karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap termasuk Vitamin A, D, E, dan K serta protein, besi, tembaga, magnesium, asam amino, dan kalium. Alpukat juga memiliki kandungan biotin atau vitamin H di dalamnya, yang akan membuat rambut Anda lebih kuat. Vitamin H atau biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang memiliki fungsi membantu metabolisme lemak dan protein dan diperlukan untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, mata dan hati. Cara perawatan rambut kering ini yaitu dengan membuat masker dari buah Alpukat. Sediakan 1 buah Alpukat masak dan kupas, 1 butir telur ambil putihnya, 1 sdm minyak Zaitun (boleh diganti dengan minyak kelapa atau jojoba atau minyak jarak) dan 1 sdm Yogurt. Buah Alpukat diblender hingga lumat, tambahkan putih telur, minyak zaitun dan yogurt. Aduk merata sampai membentuk pasta lembut. Oleskan masker ini pada rambut Anda merata dan kemudian tutup dengan topi mandi. Biarkan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan air hangat.