5 Cara Cepat Manjangin Rambut Untuk Wanita dan Pria

Tingkat rata-rata pertumbuhan rambut manusia adalah 6 inci (15 cm) per tahun. Namun, sebagian besar penelitian tidak memperhitungkan ras dari peserta penelitian. Sebuah studi yang dilakukan International Journal of Dermatology 2005 menemukan perbedaan tingkat pertumbuhan rambut beda ras. Misalnya rambut orang Asia tumbuh tercepat, sementara rambut orang Afrika tumbuh paling lambat. Meski kenyataannya begitu namun dengan beberapa usaha, pertumbuhan rambut bisa dipercepat dari biasanya. Cara cepat manjangin rambut berikut ini merupakan metode alami yang sudah terbukti efektif :

Cara Cepat Manjangin Rambut

Cara Cepat Manjangin Rambut

1. Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral serta protein adalah hal penting untuk pertumbuhan rambut sehat. Memilih makanan tinggi vitamin A, B, B-Kompleks, C, dan E, zat besi, seng, tembaga, magnesium, dan selenium penting untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat. Beragam makanan itu seperti susu, keju, yoghurt, ayam, telur, biji-bijian, salmon, bayam, brokoli, paprika, kubis, peterseli, jeruk, alpukat, roti cokelat, gandum, dan alfalfa. Plus minum jus buah dan sayuran segar seperti jeruk, lemon, wortel, bit dan selada. Jenis makanan seperti ikan, biji rami, walnut, kacang, labu dan minyak zaitun kaya asam lemak omega-3 yang juga baik untuk pertumbuhan rambut sebab sekitar 3% dari batang rambut terbuat dari asam lemak omega-3. Kekurangan vitamin E dan zinc dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

2. Gunakan minyak jarak
Minyak jarak kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial, terutama asam lemak omega-9 yang berguna menunjang pertumbuhan rambut secara alami. Minyak ini cukup kental sehingga untuk penggunaannya bisa dicampur dengan jumlah yang sama dari minyak kelapa atau minyak zaitun atau minyak almond. Pijat-pijat kulit kepala Anda dengan minyak jarak dan biarkan selama 30 sampai 45 menit lalu keramas. Anda juga dapat menambahkan minyak esensial misalnya rosemary, peppermint, eucalyptus, lavender, atau minyak thyme ke dalam minyak jarak dan baru kemudian diaplikasikan ke rambut Anda.

3. Pemijatan kulit kepala
Cara cepat memanjangkan rambut juga bisa dilakukan dengan memijat kulit kepala. Pemijatan ini akan membuat aliran darah di kulit kepala bersirkulasi lancar yang akhirnya akan merangsang folikel rambut untuk tumbuh.

4. Membalikkan rambut
Ini adalah salah satu trik populer dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Cukup posisikan rambut Anda terbalik dengan menundukkan kepala Anda selama dua sampai empat menit setiap hari. Hal ini diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala.

5. Bebaskan dari stres
Stres adalah salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Kondisi stres dapat mengganggu siklus normal rambut yang berakibat kerontokan rambut. Jadi ketika anda ingin memiliki pertumbuhan rambut yang lebih cepat maka minimalkan stres dalam hidup Anda. Untuk mengelola stres, Anda dapat menggunakan meditasi, latihan pernapasan, atau teknik relaksasi lainnya. Plus, pastikan untuk mendapatkan tidur cukup sebab hormon pertumbuhan rambut akan diproduksi selama tidur.