Cara Mencatok Rambut yang Benar, Hindari 7 Kekeliruan Berikut

Lazim bagi wanita untuk selalu tampil cantik. Dan tidak cuma wajah yang mesti memukau, gaya rambut juga harus apik dan menarik sebelum melangkah keluar rumah. Sehingga wajar kebanyakan wanita membutuhkan waktu hingga beberapa jam cuma untuk menata rambut untuk memperoleh tampilan maksimal. Mencatok adalah kebiasaan yang kerap ditempuh khususnya untuk meluruskan tekstur rambut mereka. Namun nyatanya tak setiap wanita tahu cara mencatok rambut yang benar.

Cara Mencatok Rambut

Cara Mencatok Rambut

Sejumlah kekeliruan cara mencatok rambut masih kerap dilakukan wanita ketika melakukan treatment ini. Paling tidak 7 kekeliruan berikut ini masih kerap dilakukan kaum hawa saat proses meluruskan rambut mereka sendiri di rumah.

- Mencatok ketika rambut dalm kondisi basah
Ketika akan meluruskan rambut, cek bahwa kondisi rambut Anda sudah betul-betul kering. Bila Anda mendengar bunyi mendesis atau muncul uap saat proses catok maka cepat sudahi. Biarkan rambut anda kering dulu. Rambut basah yang dipanaskan dengan flat iron berakibat menghanguskan folikel rambut kemudian akan merusakkan struktur rambut.

- Tak membagi rambut dalam beberapa bagian
Ketimbang melakukan catok rambut sekaligus banyak secara berulang-ulang, sebaiknya bagi rambut dalam beberapa bagian kecil. Saat Anda menarik rambut dalam bagian besar maka kemungkinana cuma bagian terluar saja yang terkena panas alat catok. Sedangkan bagian rambut di dalam malah tak tersentuh sama sekali. Lain bila rambut diambil sedikit-sedikit maka akan terkena panas secara merata yang berarti proses catok akan selesai cepat.

- Mencatok tanpa bantuan sisir
Bila Anda sering melupakan sisir ketika proses catok ini maka mulai sekarang ubah kebiasaan ini. Bila rambut dalam kondisi kusut maka butuh waktu lebih lama sehingga menghasilkan rambut lurus. Mungkin saja hingga dua kali lebih lama dari waktu yang diperlukan dengan menggunakan bantuan sisir.

- Melakukannya dengan menyendat-nyendat
Cara mencatok rambut yang benar adalah menjepit area rambut dekat akar kemudian tarik pelan-pelan sampai ujung. Mencatok dengan menyendat-nyendat hanya akan berakibat munculnya noda garis melintang di rambut.

- Tak memanfaatkan cairan pelindung panas
Umumnya para wanita melakukan proses catok ini tanpa bantuan cairan pelindung panas. Perlu diketahui bahwa tiap alat styling yang mengeluarkan hawa panas pasti akan merusak struktur rambut. Oleh karena itu penting mengaplikasikan cairan heat protecting spray. Cukup semprotkan beberapa kali ke rambut basah, tunggu hingga kering baru proses catok dilakukan.

- Mengikat rambut segera setelah dicatok
Yang benar adalah memberikan waktu beberapa saat sehingga rambut kembali ke suhu normal. Menunggunya hingga kembali ke suhu normal akan membuat hasil catok lebih awet.

- Tak membersihkan alat catok
Prosedur ini sangat penting terlebih bila Anda mengaplikasikan cairan pelindung panas. Soalnya cairan ini akan menyisakan kotoran di plat besi sehingga bisa menghambat proses catok selanjutnya. Untuk membersihkan alat catok ini gampang saja. Manfaatkan kain basah untuk mengelapnya. Namun pastikan alat catok tak terhubung ke sumber listrik.