10 Kebiasaan dan Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Rambut rontok memang menyedihkan. Rambut rontok bisa terjadi baik pada pria ataupun wanita. Selain faktor genetika yang memainkan peran penting, ada faktor-faktor lain yang juga ikut andil di dalamnya termasuk : ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan gizi dan sirkulasi darah di kulit kepala tidak cukup lancar. Di luar sana banyak produk ditawarkan untuk mengatasi masalah ini namun anda tetap bisa memakai cara alami mengobati rambut rontok seperti dijelaskan berikut ini :

Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

Cara Alami Mengobati Rambut Rontok

1. Mengurangi konsumsi daging
Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab utama rambut rontok. Sejumlah peneliti Jepang menjelaskan bahwa produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala berhubungan dengan kandungan tinggi 5-alpha reductase. Penelitian mereka pun menunjukkan bahwa asupan lemak hewan dapat meningkatkan produksi sebum.

2. Kurang aktifnya kelenjar tiroid (hipotiroidisme)
Kasus ini dapat menyebabkan rambut menipis. Untuk cara alami mengobati rambut rontok karena sebab ini anda bisa menambahkan ke dalam menu harian anda aneka sayuran laut seperti rumput laut, nori, dulse, kombu dan wakame yang semuanya kaya akan zat yodium. Hindari minum air keran karena biasanya air ini mengandung fluor dan klor, dua bahan kimia yang akan menghambat penyerapan yodium.

3. Cukup asupan asam lemak esensial
Asam lemak esensial dari kenari, biji rami, ikan dan alpukat juga penting untuk kesehatan rambut dan menangkal terjadinya rambut rontok.

4. Tingkatkan masukan senyawa bioton
Senyawa Biotin akan membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Diet sumber Biotin ini meliputi : kacang-kacangan, beras merah dan gandum.

5. Tingkatkan produksi keratin dengan suplemen MSM
Suplemen MSM (Methylsulfonylmethane) akan membantu meningkatkan produksi keratin (protein pada rambut) saat melakukan tugas ganda untuk memperkuat folikel rambut. Dalam sebuah studi dihasilkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi MSM menunjukkan hasil berkurangnya kejadian rambut rontok sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut hanya dalam enam minggu saja.

6. Meremajakan folikel rambut dengan vitamin B-kompleks
Cara alami mengobati rambut rontok pun bisa dengan meningkatkan asupan makanan sumber vitamin B kompleks. Untuk 100 mg setiap hari suplemen B-kompleks yang mencakup biotin dan vitamin B6 akan dapat mengurangi penipisan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan meremajakan folikel rambut.

7. Tingkatkan produksi kolagen.
Kolagen yang menyelaputi helai rambut bila rusak maka akan menyebabkan rambut menjadi lebih rentan terhadap kerontokan. Cara terbaik untuk meningkatkan kolagen tanpa melalui prosedur medis yang mahal yaitu dengan mengasup lebih banyak vitamin C. Makanan tinggi vitamin C antara lain: buah jeruk, stroberi dan paprika merah. Asupan sekitar 250 mg vitamin C setiap hari dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

8. Mencegah kerusakan dengan vitamin E
Vitamin E diperlukan untuk menyehatkan rambut rusak dan sekaligus mencegah kerusakan. Vitamin E akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi keratin dalam helai rambut untuk mengurangi kerusakan. Cara alami mengobati rambut rontok adalah dengan mengkonsumsi 400 IU vitamin E setiap hari.

9. Konsumsi makanan yang kaya zat besi
Zat Besi juga penting untuk pertumbuhan rambut dan dapat ditemukan di sirup gula molasses, sayuran berdaun hijau, daun bawang, kacang mete, buah-buahan kering, buah ara, dan buah-buahan lain. Untuk membantu tubuh Anda mampu menyerap zat besi lebih baik maka Anda pun harus cukup vitamin C.

10. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dengan minyak esensial rosemary
Minyak esensial Rosemary telah digunakan secara tradisional untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Cara alami mengobati rambut rontok ini adalah dengan menambahkan beberapa tetes per sesendok sampo atau, lebih baik lagi tambahkan juga beberapa tetes minyak kelapa dan pijat kulit kepala Anda secara teratur.