8 Cara Mengatasi Rambut Mengembang Mudah dan Murah

Rambut gampang mengembang, keriting dan rambut susah diatur terjadi karena berbagai alasan. Posisi tidur yang salah, pergi keluar dalam hujan atau beraktifitas seharian akan menghasilkan rambut susah diatur. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang susah diatur ini dengan langkah-langkah mudah berikut ini :

Cara Mengatasi Rambut Mengembang

1. Aplikasikan minyak untuk rambut Anda.
Anda dapat menggunakan minyak rambut biasa atau minyak kelapa. Mulai dengan takaran sedikit dulu untuk diterapkan ke rambut menggunakan jari-jari. Mulai dari ujung rambut berlanjut ke akar. Cara ini akan membantu rambut Anda menjadi lembut.

2. Kenakan topi atau scarf.
Mengenakan topi atau scarf tak hanya akan mengatasi rambut mengembang, tetapi juga akan melindungi rambut Anda dari kerusakan oleh sinar matahari, angin, panas, dan dingin. Rambut yang rusak sering terlihat mengembang.

3. Pertimbangkan untuk mengepang rambut anda.
Cara mengatasi rambut mengembang yang satu ini tidak hanya dapat menjadikan rambut rapi namun juga makin modis dan bergaya. Cobalah beberapa kepang biasa, kepang Perancis, atau kepang fishtail.

4. Potong rambut Anda.
Jika Anda mendapati rambut Anda berulang kali mengembang maka anda boleh memutuskan untuk memotongnya. Pastikan bahwa Anda memilih model potongan rambut yang tepat. Potongan rambut tumpul cenderung menjadikannya keriting di ujung-ujungnya. Sementara potongan berlapis adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kesan rambut mengembang. Hindari terlalu banyak lapisan pendek, terutama ke arah atas kepala Anda sebab akan mengesankan rambut anda menonjol.

5. Aplikasikan cuka sari apel
Anda bisa mencoba cuka sari apel untuk membilas rambut anda. Selain mengatasi rambut mengembang, cuka sari apel pun akan membuat rambut bersinar. Caranya campurkan dua sendok makan cuka dengan ½ cangkir (120 ml) air dalam cangkir. Gunakan setelah Anda  selesai keramas. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

6. Ramuan alpukat dan minyak zaitun
Cara mengatasi rambut mengembang yang ini adalah dengan membagi buah alpukat menjadi dua dan sendok dagingnya keluar kemudian tempatkan dalam mangkuk. Tambahkan satu atau dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Aduk-aduk dengan garpu sampai mendapatkan pasta lengket. Oleskan masker ini ke rambut yang habis dikeramas. Tarik rambut Anda menjadi sanggul longgar dan kerudungi dengan topi mandi. Tunggu sampai masker rambut ini mengering kurang lebih selama 30 menit. Bilas menggunakan air bersih.

7. Aplikasikan masker labu
Campurkan satu sendok makan madu dengan satu cangkir (225 gram) daging labu dalam mangkuk kecil. Oleskan masker ke rambut setelah sebelumnya dikeramas. Tutupi dengan shower cap biarkan selama 15 menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Labu kaya akan vitamin, yang akan membuat rambut Anda tetap sehat.

8. Masker madu
Madu merupakan humectant yang akan menghidrasi rambut Anda. Cara mengatasi rambut mengembang yang ini yakni dengan mencampurkan satu buah pisang dengan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu kemudian diblender hingga diperoleh pasta halus. Oleskan masker ini saat rambut basah. Tutupi rambut dengan topi mandi dan tunggu 20 sampai 30 menit, kemudian keramas menggunakan sampo seperti biasa.