8 Pilihan Cara Perawatan Rambut Rusak Secara Cepat Memanfaatkan Bahan-Bahan Alami

Rambut adalah penunjang kecantikan seorang wanita. tentu saja bila kondisinya sehat dan hitam berkilau. Namun sayangnya rambut dapat rusak dengan cepat, dan untuk mengembalikannya dapat memakan waktu yang tak sebentar. Tapi jangan khawatir sebab 8 tips cara perawatan rambut rusak berikut ini akan mengembalikan mahkota anda dengan segera.

Cara Perawatan Rambut Rusak

Cara Perawatan Rambut Rusak

1. Khasiat buah Alpukat
Lumatkan buah alpukat matang dengan sebutir telur, kemudian terapkan ke rambut saat basah. Buah Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan kilau rambut Anda. Biarkan selama setidaknya 20 menit, lalu bilas beberapa kali menggunakan air bersih. Ulangi seminggu sekali sebagai salah satu cara perawatan rambut rusak yang efektif.

2. Massage dengan mentega
Cara ini akan mengobati rambut kering dan rapuh menjadi bersinar mengkilap. Aplikasikan mentega ke rambut saat kering dan lakukan pemijatan. Lalu tutup rambut dengan shower cap selama sekitar setengah jam. Setelah itu keramas seperti biasa, bilas sampai sisa-sisa mentega tak ada lagi yang menempel.

3. Kondisioner dengan minyak zaitun
Kembalikan kelembaban rambut kering dan rusak anda dengan memanaskan 1/2 cangkir minyak zaitun (jangan sampai mendidih). Sesudah itu gosok-gosokkan ke rambut. Selubungi rambut dengan kantong plastik, kemudian bungkus seluruhnya dengan handuk. Biarkan hal ini selama 45 menit, lalu keramas dan bilas beberapa kali hingga bersih.

4. Bilas dengan teh
Anda mungkin berpikir teh hanya sekedar minuman penghangat tubuh, tetapi kenyataannya Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat rambut menjadi bersinar alami. Gunakan satu liter teh hangat tanpa gula yang baru diseduh sebagai bilasan akhir setelah keramas. Teh dapat meningkatkan warna rambut, jadi pastikan untuk menggunakan teh sesuai warna rambut Anda. Misalnya rambut pirang harus menggunakan teh chamomile; teh hitam dapat menggelapkan rambut hitam. Rambut cokelat pun bisa menggunakan teh hitam untuk meningkatkan sinar dan memperkuat warna.

5. Masker cuka sari apel
Cara perawatan rambut rusak ini adalah dengan mencampurkan 1 sdt cuka sari apel dengan 2 sdm minyak zaitun plus 3 putih telur. Setelah adonan tercampur rata, gosok-gosokkan ke rambut Anda. Biarkan rambut Anda tertutup selama sekitar satu setengah jam menggunakan  topi mandi, lalu keramas dan bilas hingga bersih.

6. Shampo telur
Campurkan satu telur dengan sejumlah kecil sampo, kemudian aplikasikan ke rambut Anda rusak selama lima menit dan bilas hingga bersih. Perawatan ini akan membantu meningkatkan protein dalam rambut Anda.

7. Perawatan dengan minyak botani
Cara perawatan rambut rusak ini bisa menggunakan minyak zaitun, minyak jojoba dan minyak almond. Jika rambut Anda tebal dan berat maka minyak kelapa akan berfungsi dengan baik. Basahi rambut Anda dan aplikasikan sejumlah kecil minyak botani sampai rambut Anda benar-benar terlumuri semuanya. Tutup dengan shower cap dan handuk hangat selama sekitar 30 menit, kemudian keramas dan bilas hingga bersih.