Madu, Pilihan Cara Merawat Rambut Kering dan Kusam Murah Namun Efisien

Rambut kering dan kusam bukanlah tipe rambut namun suatu kondisi yang dapat ditangani. Paparan sinar matahari terlalu lama, berenang, menggunakan produk rambut dengan kandungan alkohol adalah beberapa penyebab rambut kering dan kusam. Terlalu sering melakukan smoothing pun bisa membuat rambut anda menjadi seperti rambut singa. Konsumsi pil KB, kehamilan, dan menopause adalah sebab lain yang memiliki efek buruk pada rambut, termasuk kekeringan dan kerapuhan. Saatnya mengetahui cara merawat rambut kering dan kusam yang sedang anda alami.

Cara Merawat Rambut Kering dan Kusam

Rambut yang indah adalah rambut sehat, dan rambut yang sehat bukanlah dirawat menggunakan berbagai produk yang Anda temukan di rak-rak di toko kosmetik, melainkan di dapur Anda sendiri. Jika Anda memiliki rambut kering dan kusam, madu dapat membantu. Madu bersifat humectant yaitu mampu menarik uap air dari udara. Madu juga penuh dengan senyawa antioksidan dan nutrisi untuk memberi makan folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Cara merawat rambut kering dan kusam dengan madu akan dijelaskan berikut ini.

Ramuan pertama dari cara merawat rambut kering dan kusam cukup membutuhkan madu dan air. Untuk itu sediakan 1/4 Cangkir madu mentah organik dan air bersih. Campurkan 1/4 cangkir madu dengan air secukupnya sesendok demi sesendok sampai dirasa cukup untuk diterapkan ke seluruh bagian rambut. Sebelumnya basahi rambut anda dan keringkan dengan masih sedikit basah. Setelah membalurkan madu ke seluruh bagian rambut, biarkan selama 30 menit baru kemudian dibilas dengan air hangat.

Cara merawat rambut kering dan kusam bisa juga dengan membuat ramuan madu dengan cuka sari apel. Yang dibutuhkan adalah 1/4 Cangkir madu mentah organik dan 10 Sendok makan cuka sari apel. Campurkan keduanya hingga merata lalu aplikasikan ke rambut yang dalam kondisi agak basah. Diamkan selama 15 menit lalu dicuci dengan air hangat. Alternatif lain yaitu membuat campuran madu dan minyak Zaitun. Siapkan 1/2 Cangkir madu dan 1/4 Cangkir minyak zaitun untuk kemudian dicampurkan. Anda bisa memanaskannya sebentar di atas api untuk lebih mencairkan minyak Zaitun sehingga bisa bercampur dengan madu. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut, tunggu beberapa saat baru kemudian dibilas menggunakan air hangat.

Ramuan lain dari cara merawat rambut kering dan kusam adalah campuran madu dan minyak kelapa. Minyak kelapa sebagaimana juga minyak zaitun akan membantu melembabkan rambut dan akarnya. Untuk itu anda memerlukan 1/4 Cangkir madu ditambahkan dengan 3 sendok makan minyak kelapa hangat. Terapkan ramuan ke seluruh bagian rambut, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Perlu diingat, anda harus menggunakan madu organik yang memang benar-benar asli, bukan madu kemasan yang biasanya dijual di supermarket yang sudah mengalami proses pengolahan.