Cara Merawat Rambut Berketombe, 8 Bahan Alami Berikut Siap Mengatasinya

Ketombe timbul mungkin akibat dari kulit kepala yang kering atau kondisi kulit kepala yang disebut dermatitis seboroik. Ketombe juga bisa disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Malassezia. Obat-obatan apotek termasuk shampoo yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole dan selenium sulfida mungkin bisa memperlambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe ini. Anda pun bisa memilih cara merawat rambut berketombe secara alami seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Merawat Rambut Berketombe

1. Bubuk soda kue
Dapur Anda ternyata bisa diandalkan untuk perawatan ketombe di rambut anda. Basahi rambut dan gosokkan sejumlah kecil baking soda ke kulit kepala Anda. Gunakan sampo untuk membilasnya. Baking soda mampu mengurangi jamur yang terlalu aktif yang dapat menyebabkan ketombe. Rambut Anda mungkin akan kering pada awalnya, tapi setelah beberapa minggu kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami sehingga rambut menjadi lembut dan bebas dari serpihan ketombe.

2. Cuka sari apel
Cara merawat rambut berketombe menurut Dr Mehmet Oz pun bisa menggunakan cuka sari apel. Kadar asam cuka sari apel akan mengubah pH kulit kepala Anda sehingga sulit untuk jamur tumbuh. Caranya campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan air seperempat cangkir dalam botol semprot kemudian semprotkan ke kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 15 menit sampai satu jam, lalu cuci rambut Anda seperti biasa. Lakukan ini dua kali seminggu.

3. Minyak kelapa
Sebelum mandi, massage kulit kepala menggunakan 3-5 sendok makan minyak kelapa dan diamkan selama sekitar satu jam. Selanjutnya keramas seperti biasa.

4. Jeruk nipis
Cara merawat rambut berketombe ini dengan memijat kulit kepala dengan 2 sendok makan jus lemon atau jeruk nipis. Selanjutnya bilas dengan air. Berikutnya campur 1 sendok teh jus lemon atau jeruk nipis ke dalam 1 gelas air, bilas rambut Anda dengan ramuan itu. Ulangi setiap hari sampai ketombe menghilang. Kadar asam sari lemon atau jeruk nipis akan membantu menyeimbangkan pH kulit kepala yang meminimalisir pertumbuhan ketombe.

5. Garam
Abrasivitas garam meja bisa digunakan untuk menggosok serpihan ketombe sebelum Anda keramas. Ambil sejumlah kecil garam dan taburkan merata ke bagian kulit kepala. Lakukan massage ringan hingga berguguran serpihan-serpihan ketombe. Akhiri dengan membilasnya dengan shampo.

6. Lidah buaya
Kini anda tak perlu menggaruk-garuk gatal ketombe anda. Sudah ada lidah buaya yang akan mengatasinya. Ambil gel lidah buaya dan aplikasikan ke kulit kepala secara merata sambil dilakukan pemijatan beberapa saat lamanya. Efek pendinginan dari lidah buaya akan menenangkan gatal. Kemudian lakukan keramas seperti biasanya.

7. Bawang putih
sifat antimikroba bawang putih sempurna untuk menghilangkan bakteri penyebab ketombe. Cukup lumatkan bawang putih dan gosokkan ke kulit kepala Anda. Untuk menghindari bau yang kuat, anda boleh mencampurkan bawang putih dengan madu sebelum diaplikasikan ke kulit kepala. Cuci rambut seperti biasa untuk membersihkan sisa-sisa bawang putih dan madu.

8. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah cara menghilangkan ketombe alami yang cukup mujarab. Pijat kulit kepala setelah sebelumnya dibaluri sekitar 10 tetes minyak zaitun. Tutup rambut dengan shower cap semalaman dan di pagi hari bilas rambut dengan air dan shampo.