Cara Menghitamkan Rambut Beruban Bebas Bahan Kimia

Mewarnai rambut beruban menggunakan produk pewarna pastinya akan mengakibatkan rambut tak sehat. Produk pewarna rambut biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menjadikan rambut kering kemudian pecah. Lebih-lebih bila kebiasaan ini sering dikerjakan untuk tujuan mendapatkan tampilan berbeda. Sebenarnya ada beberapa cara menghitamkan rambut beruban yang cukup aman tanpa sentuhan bahan kimia seperti dijelaskan berikut ini.

Cara Menghitamkan Rambut Beruban

Cara Menghitamkan Rambut Beruban

Satu diantaranya yaitu memakai baking soda yang biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuat roti. Serbuk dengan warna putih tersebut bisa dipergunakan menghitamkan rambut beruban tanpa pengaruh negatif. Untuk itu anda harus menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut : baking soda, shampoo anti ketombe, conditioner, mangkok dan sendok.

Cara menghitamkan rambut beruban ini pun cukup gampang. Mula-mula rambut dibasahi menggunakan air bersih selanjutnya pakai shampoo anti ketombe agar rambut bersih. Anda harus menggunakan sampo yang mempunyai tingkat pH tinggi sebagai upaya membersihkan pewarna rambut yang tertempel di batang rambut. Selanjutnya cuci rambut sampai bersih. Masukkan baking soda seperlunya ke mangkok dan tambahkan shampoo anti ketombe. Selanjutnya aduk-aduk sampai tercampur merata memakai sendok.

Aplikasikan ramuan tadi untuk memijat kulit kepala dan cobalah menyapukan secara merata ke seluruh bagian rambut. Langkahnya bisa dimulai dari akar rambut kemudian berlanjut sampai ujung rambut. Dengan begitu rambut bisa kembali hitam secara menyeluruh. Biarkan selama 10 menit sehingga ramuan bisa meresap ke bagian dalam rambut, selanjutnya cuci memakai shampoo anti ketombe seperti yang digunakan tadi. Paling akhir, aplikasikan conditioner sehingga rambut selalu lembut dan jauh dari kering. Di samping gampang dan tak merepotkan, cara menghitamkan rambut beruban ini pun menghindarkan rambut menjadi rusak karena pengaruh paparan bahan kimia pewarna rambut yang dilakukan terus menerus.

Alternatif lain cara menghitamkan rambut beruban adalah memanfaatkan daun rambutan. Rambutan memiliki kandungan senyawa polifenol, saponin, tanin serta hormon di daunnya. Senyawa alami dan hormon tadi mujarab untuk mengaktifkan melanin yaitu pigmen hitam rambut serta melindungi kesehatan kulit kepala.

Cara menghitamkan rambut beruban ini cukup memanfaatkan daun rambutan seperlunya, selanjutnya cuci hingga bersih. Haluskan daun rambutan hingga lumat, selanjutnya tuangkan sejumlah kecil air. Kemudian diperas untuk diambil sarinya. Sapukan air sari daun rambutan ke seluruh area rambut dari akar hingga ujung. Kerjakan ritual tersebut dengan teratur saat akan mandi, pasti rambut Anda akan kian menghitam tanpa perlu memakai produk pewarna rambut yang bisa memberikan efek samping berbahaya.