Begini Seharusnya Cara Merawat Rambut Tipis Metode Alami

Penipisan rambut adalah masalah yang dihadapi oleh laki-laki dan perempuan. Bahkan, menurut American Hair Loss Association, sekitar 40 % dari kejadian rambut rontok dialami oleh perempuan. Untungnya kini tersedia cara efektif untuk mengobati rambut tipis ini. Beberapa faktor diduga bertanggung jawab terhadap kejadian rambut menipis ini yaitu : penggunaan shampo yang tak cocok, tingkat stres, usia dan juga faktor keturunan.

Cara Merawat Rambut Tipis

Cara Merawat Rambut Tipis

Di samping itu masih ada beberapa sebab lain yang juga bisa memicu rambut rontok misalnya : kehamilan, kelebihan vitamin A, kekurangan protein, Anemia, Hypothyroidism, gangguan autoimun, penurunan berat badan yang dramatis dan hair styling yang berlebihan. Cara merawat rambut tipis secara instan biasanya menggunakan produk Minoxidil 5%. Produk perawatan dengan kandungan Proscar dan Aldactone pun bisa digunakan. Bila dana berlebih boleh juga mempertimbangkan operasi transplantasi rambut.

Dan bila anda ingin kembali ke alam sebagai cara merawat rambut tipis yang anda alami, beberapa bahan di sekitar kita berikut ini bisa anda terapkan. Namun perlu dimengerti bahwa tidak ada ramuan ajaib instan untuk rambut tipis yang bisa merobahnya hanya dalam semalam. Cara merawat rambut tipis alami ini tak hanya efektif namun juga akan meningkatkan volume dan kemilau rambut.

1. Manfaat telur
Cara merawat rambut tipis dengan memberikan sumber protein bisa digunakan telur mentah dalam hal ini putih telur. Ambil putih telur dengan takaran disesuaikan dengan panjang pendeknya rambut. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut terutama bagian akar dan biarkan kurang lebih 30 menit. Beberapa orang mengkombinasikan putih telur dengan satu sendok makan minyak rambut dan dua sendok makan air. Aplikasikan ke rambut dan lakukan pemijatan kulit kepala. Ulangi prosedur ini seminggu sekali.

2. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah resep peninggalan nenek moyang khusus untuk perawatan rambut.  Minyak zaitun yang diaplikasikan ke akar rambut dan dilakukan pemijatan akan memperkuat akar dan merangsang sirkulasi darah lancar dan menstimulasi pembentukan folikel rambut.

3. Minyak jarak
Minyak jarak telah lama disebut-sebut sebagai obat dari semua jenis penyakit tidak terkecuali rambut rontok. Pijat kulit kepala Anda secara teratur dengan minyak jarak dingin sambil ditekan-tekan untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut.

4. Bawang Putih
Anda mungkin awalnya merasa ngeri pada gagasan mengaplikasikan jus bawang putih untuk kulit kepala Anda. Namun ketahuilah bahwa bawang putih adalah salah satu solusi cara merawat rambut tipis yang cukup ampuh. Bawang putih kaya akan kandungan sulfur yang akan merangsang produksi kolagen di kulit kepala Anda. Kurangnya kolagen adalah salah satu penyebab terbesar dari rambut menipis. Caranya cukup buat jus dari beberapa siung bawang putih, terapkan ke kulit kepala sambil dilakukan massage ringan, lalu cuci menggunakan shampo ringan.

5. Diet kaya protein
Diet tinggi protein membantu tubuh untuk mensintesis keratin yaitu komponen struktural utama dari rambut, kulit, dan kuku. Untuk merawat rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat maka tambahkan makanan kaya protein seperti ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, telur, kedelai, yoghurt, dan kacang-kacangan ke daftar belanja mingguan Anda.