Cara Smoothing Rambut Sendiri di Rumah

Setiap wanita pastinya mendambakan memiliki rambut lurus yang halus dan lembut. Tapi untuk mewujudkan keinginannya tersebut setiap wanita perlu melindungi rambut mereka dari bahan-bahan kimia dan mulai menerapkan solusi dari bahan-bahan alami. Selama aktifitas keseharian, rambut rawan rusak karena paparan sinar matahari, meluruskan permanen dan juga pewarnaan rambut.  Smoothing adalah solusi bagi keinginan wanita untuk rambut lurus. istilah smoothing berbeda dengan metode rebonding. Smoothing menghasilkan rambut lurus yang terlihat natural sementara rebonding menghasilkan tampilan rambut seakan-akan habis diseterika, kaku dan terlihat patah-patah.

Cara Smoothing Rambut

Cara Smoothing Rambut

Cara smoothing rambut selain dilakukan oleh profesional di salon-salon kecantikan, para wanita pun bisa melakukannnya sendiri di rumah. Bahan utama untuk proses pelurusan rambut ini adalah cream smoothing yang banyak dijual di toko kosmetik atau salon kecantikan. Kemudian untuk alatnya sama seperti rebonding yaitu catok listrik.

Cara smoothing rambut pertama kali lakukan pengeramasan rambut dengan shampo yang tak mengandung kondisioner sehingga kondisi rambut menjadi bersih. Selanjutnya gunakan hair drier untuk mengeringkan rambut hingga hampir kering sepenuhnya. Rambut kemudian dibagi menjadi 2 sampai 4 bagian sama banyak, ikat dengan pengikat. Lakukan pengolesan cream smoothing bagian per bagian selapis demi selapis hingga semua bagian rambut terolesi. Pengolesan tidak perlu sampai ke pangkal rambut guna menghindari rasa gatal dan perih bila terkena kulit kepala. Pengolesan cream smoothing ini bisa menggunakan bantuan sisir yang ada sikatnya di bagian belakang.

Setelah semua bagian rambut terolesi cream smoothing, biarkan dulu antara 15 hingga 20 menit. Cek dengan mengambil sehelai rambut kemudian tarik perlahan, bila terasa melar itu artinya sudah siap untuk dilakukan proses selanjutnya. Rambut kemudian dicuci menggunakan air hangat tanpa menggunakan shampo. Lanjut dengan mengeringkannya menggunakan hair drier hingga benar-benar kering.

Cara smoothing rambut dilanjutkan dengan proses catok. Bagi rambut menjadi 4 bagian, kemudian ambil rambut kurang lebih 2 cm dan lakukan pencatokan. Sebelumnya semprotkan dulu cairan anti frizz agar rambut tak rusak oleh panas dari alat catok (flat ironing) ini. Begitu seluruh bagian rambut melalui proses pencatokan , berikutnya dilakukan pengolesan cream neutraliser dengan tujuan mengembalikan pH rambut menjadi normal sekaligus melembabkannya. Diamkan selama sekitar 30 menit untuk kemudian cuci rambut hingga bersih memakai shampo sekaligus kondisioner. Lebih baik lagi jika diberikan juga vitamin khusus untuk rambut.

Setelah proses smoothing ini selesai, selama 3 hari jangan membasahi rambut, gunakan shower cap saat mandi. Selama itu pula jangan mengikat rambut atau mengenakan penjepit rambut sebab dikhawatirkan rambut akan melengkung pada bagian-bagian yang diikat atau dijepit dengan penjepit rambut. Agar hasilnya maksimal, lakukan hair spa atau hair mask dalam satu minggu pertama setelah smoothing ini.