Cara Merawat Rambut yang Rusak dengan Berbagai Masker Alami

Rambut rusak adalah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh sebagian orang terutama bagi wanita. Rambut adalah mahkota bagi wanita dan jika masalah rambut rusak timbul akan menjadi satu masalah besar. Untuk itu, disini akan dijelaskan beberapa cara merawat rambut yang rusak dengan cara-cara alami dan simple dan bisa dilakukan sendiri dirumah.

Cara Merawat Rambut yang Rusak

Cara Merawat Rambut yang Rusak

Perlu diketahui bahwa rambut rusak, kering, kusam sehingga sulit diatur doakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor eksternal bisa dari cara perawatan rambut yang tidak benar maupun faktor internal yang bisa dipengaruhi oleh keadaan stres dan lainnya.

Ada beberapa cara alami merawat rambut yang rusak yang bisa kita lakukan dirumah untuk menjadikan rambut terlihat lebih sehat dan lebih indah diantaranya adalah:
  1. Mengurangi penggunaan styling pada rambut seperti menggunakan catok rambut, pengriting rambut dan lain sebagainya yang menghantarkan panas dan akan merusak elemen rambut.
  2. Mengurangi penggunaan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Apabila rambut basah saat sesudah keramas sebaiknya biarkan rambut kering dengan sendirinya.
  3. Jangan terlalu keras menggosok karena akan membuat rambut menjadi rapuh dan rontok.
  4. Selalu gunakan sisir dengan gigi lebar untuk meminimalisir gesekan pada rambut dan menghindari kerontokan rambut lebih lanjut.
  5. Saat tidur, jangan biasakan mengikat rambut.
  6. Saat beraktifitas diluar rumah yang membuat rambut terpapar sinar matahari dan polusi sebaiknya menggunakan penutup kepala untuk melindungi rambut.
  7. Cara merawat rambut yang rusak terakhir adalah dengan megaplikasikan masker dengan bahan-bahan alami pada rambut untuk memperbaiki kesehatan rambut.
Mengaplikasikan masker pada rambut akan membantu rambut memperoleh nutrisi yang akan membuatnya berangsur-angsur sehat kembali. Terlebih lagi jika masker yang digunakan adalah masker yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Ada beberapa jenis masker yang bisa anda buat untuk merawat rambut anda kembali sehat diantaranya:

1. Campuran minyak zaitun, alpukat dan madu

Campurkan satu buah alpukat yang telah dihaluskan dengan satu sendok madu dan dua sendok minyak zaitun. Aduk ketiga bahan tersebut hingga menjadi seperti krim lalu aplikasikan pada rambut sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal gunakan masker alpukat ini secara rutin.

2. Campuran pisang, madu dan susu

Siapkan dua buah pisang matang, dua sendok the madu dan susu kemudian campur dan aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur lalu aplikasikan pada rambut. Biarkan selama 20 menit lalu setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Campuran minyaj zaitun dan telur

Cara merawat rambut yang rusak yang terakhir adalah dengan campuran 2 butir telur dengan 5 sendok makan zaitun dan menkadikannya masker rambut.