Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya (Essay Part-8)

Contoh Soal Geografi Kelas XII Semester 2 Beserta Jawabannya (Essay Part-8) merupakan lanjutan soal geografi semester genap kelas 12 bagian ke-7 (soal nomor 61-70) dengan materi yang sama, yaitu soal tentang Konsep Wilayah dan Pusat Pertumbuhan. Dimulai dari pertanyaan nomor 71, berikut dibawah ini soal dan kunci jawabannya.

71. Sebutkan wilayah pembangunan utama (WPU)A yang pusat pembangunannya di Medan!
Jawaban: Wilayah pembangunan utama (WPU) A dengan pusat pembangunan di Medan. Wilayahnya terdiri atas:
a. Wilayah pembangunan (WP) I, meliputi Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatra Utara, Pusatnya di Medan.
b. Wilayah pembangunan (WP) II, meliputi Provinsi Sumatra Barat, Kepulauan Riau dan Provinsi Riau. Pusatnya di Pekanbaru.

72. Sebutkan yang termasuk komponen biotik dan abiotik  dalam konsep wilayah!
Jawaban: Komponen biotik, meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan berbagai jasad renik lainnya. Adapun komponen abiotik, meliputi air, tanah, iklim, udara, dan sebagainya.

73. Jelaskan peranan program perencanaan wilayah!
Jawaban:
Program perencanaan wilayah mempunyai peranan yang sangat penting, seperti:
a. Memisahkan sesuatu yang berguna dari yang tidak berguna.
b. Menyederhanakan informasi dari suatu gejala di permukaan bumi yang sangat beragam.
c. Mengurutkan keanekaragaman permukaan bumi.
d. Memantau perubahan-perubahan yang terjadi, baik fenomena alam maupun fenomena manusia.

74. Sebutkan tiga macam tujuan diadakannya perwilayahan!
Jawaban:
Tujuan dari perwilayahan sebagai berikut.
a. Menyebarkan dan meratakan pembangunan sehingga dapat menghindari ketimpangan pembangunan.
b. Menjamin keserasian dan koordinasi terhadap berbagai kegiatan pembangunan yang ada disetiap daerah.
c. Memberikan pengarahan kegiatan pembangunan.

75. Apa yang dimaksud delimitasi wilayah secara kualitatif? Berikan contohnya!
Jawaban: Delimitasi kualitatif merupakan cara penentuan batas terluar suatu wilayah berdasarkan kenampakan yang dominan pada suatu tempat. Cara ini banyak digunakan untuk menginterprestasikan sebuah foto udara. Contohnya, pembagian wilayah Indonesia ke dalam sepuluh wilayah pembangunan.

76. Sebutkan tiga metode perwilayahan!
Jawaban: 
Tiga metode perwilayahan, meliputi:
a. Penyamarataan wilayah.
b. Delimitasi wilayah.
c. Klasifikasi wilayah.

77. Jelaskan dua metode yang digunakan untuk membuat perbedaan tingkat dalam klasifikasi wilayah!
Jawaban:
Dua metode yang digunakan untuk membuat perbedaan tingkat di dalam klasifikasi wilayah:
a. Metode interval
Dalam menggunakan metode interval yang harus diperhatikan adalah ukuran-ukuran kelas yang digunakan sebagai dasar penggolongan. Semakin banyak kelas interval yang digunakan maka semakin banyak informasi yang diperoleh dari data yang bersangkutan.
b. Metode hierarkis
Dalam metode hierarkis, setiap kelas mempunyai hubungan dengan kelas di bawahnya ataupun di atasnya.

78. Jelaskan tiga faktor yang mempengaruhi pusat pertumbuhan!
Jawaban: 
Perkembangan pusat-pusat pertumbuhan dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:
a. Lokasi
Lokasi sangat menentukan perkembangan pusat-pusat pertumbuhan wilayah.
b. Sumber daya alam
Sumber daya alam sangat menentukan dalam perkembangan suatu wilayah. Wilayah yang mempunyai sumber daya alam melimpah akan berpotensi menjadi wilayah yang maju dan makmur.
c. Sumber daya manusia 
Sumber daya manusia memegang pernanan yang sangat penting dalam memajukan suatu wilayah. Tanpa adanya sumber daya manusia yang andal maka wilayah tersebut akan kesulitan untuk mengembangkan wilayahnya.

79. Jelaskan mengenai teori kutub pertumbuhan sebagaimana dikemukakan oleh Perroux!
Jawaban: Teori kutub pertumbuhan mengambil kota tertentu sebagai pusat pembangunan wilayah yang diharapkan dapat menjalar ke pusat tingkatan yang lebih rendah. Sehingga konsep ini dikenal dengan spend and tickling down (penjelaran dan penetasan) dan back wash and polarization (penarikan dan pemusatan).

80. Jelaskan pengertian wilayah menurut Kimball Young!
Jawaban: Menurut Kimball Young, wilayah adalah daerah geografis yang membentuk suatu kesatuan budaya, mula-mula seragam secara ekonomi, selanjutnya dalam pemikiran, pendidikan, rekreasi, dan lain-lain serta dapat dibedakan dengan daerah lainnya.

Baca juga: Contoh Soal USBN Geografi SMA dan Kunci Jawabannya
Lebih baru Lebih lama