Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan

Bisa jadi saat ini sobat sedang mengalami masalah AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan. Ya, bunyi berdecit yang muncul saat AC mobil dihidupkan rasanya cukup mengganggu, bahkan setelah beberapa lama mesin menyala, bunyi tersebut masih juga muncul. Belum lagi saat pedal gas di tekan. suara berdecit yang muncul juga akan semakin keras dan nyaring.

Nah, kondisi seperti inilah yang kerap membuat kita merasa khawatir ketika akan memulai perjalanan dengan mobil (baik itu perjalanan jarak dekat maupun perjalanan jarak jauh). Untuk memastikan asal bunyi berdecit tersebut, cobalah sekali lagi untuk mematikan AC mobil sesaat kemudian nyalakan kembali AC mobilnya.

Bisa jadi saat ini sobat sedang mengalami masalah AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan

Jika bunyi berdecit muncul saat AC hidup, berarti masalah bunyi ini memang terjadi pada sistem AC mobil sobat. Lantas apa sih penyebab AC mobil bunyi berdecit ini?

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi masalah mobil tentang penyebab AC mobil bunyi berdecit yang kerap terjadi di mobil berikut beberapa tips mengatasinya. Berikut penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan...


1. Fan belt AC kendor dan sudah tidak bagus kondisinya


Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan yang paling sering terjadi adalah akibat tali kipas AC (Fan belt AC) dalam kondisi yang sudah kendor atau sudah tidak bagus lagi kondisinya.

Fan belt AC ini merupakan penghubung antara kompresor AC dengan pulley cranksfhaft di mesin. Fan belt AC berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke kompresor AC. Umumnya, fan belt AC ini terbuat dari bahan karet yang memiliki usia pakai, sehingga ketika sudah melewati masa usia pakainya, fan belt AC akan menjadi keras, kendor, retak-retak bahkan bisa putus.

Fan belt AC kendor dan sudah tidak bagus kondisinya dapat mengakibatkan ac mobil bunyi berdecit. Hal ini terjadi akibat adanya selip antara belt ac dengan pulley kompresor. Biasanya, jika ac belt kendor, selain menimbulkan bunyi berdecit, pada ruangan mesin juga kerap muncul bau gosong seperti karet terbakar.

Untuk mengatasi ac mobil bunyi berdecit akibat fan belt AC kendor adalah dengan melakukan penyetelan ketegangan fan belt AC, namun jika fan belt AC nya sudah retak-retak atau sudah terlalu keras (tidak elastis), maka penggantian fan belt AC menjadi solusi terbaik yang bisa dilakukan.


2. Bearing adjuster untuk AC belt macet, aus, atau oblak.


Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan selanjutnya adalah akibat bearing adjuster untuk AC belt sudah macet, aus atau oblak.

Bearing adjuster untuk AC belt ini merupakan bearing yang dipasang pada pulley untuk penyetelan kekencangan fan belt AC. Pada sebagian mobil, ada yang menggunakan model baut diputar, dan sebagian lagi ada yang menggunakan model otomatis adjuster (dengan spring/per).

Ketika bearing adjuster AC belt ini macet, aus atau oblak, maka belt ac akan bergesekan terlalu kuat dengan pulley adjuster sehingga menimbulkan bunyi berdecit, panas hingga tercium bau seperti karet terbakar.

Untuk mencegah rusak dan putusnya belt AC akibat beraing adjuster macet ini, maka lakukan penggantian bearing sesuai dengan ukuran dan bearing yang digunakan sebelumnya.

Baca juga :


3. Bearing pulley magnetic clutch macet, aus, atau oblak


Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan yang berikutnya adalah akibat bearing pulley magnetic clutch sudah macet, aus, atau oblak. Bearing iniletaknya ada di tengah-tengah magnetic clucth yang terhubung dengan pulley kompresor.

Ketika bearing ini macet, aus, atau oblak, maka hal ini akan membuat perputaran pulley kompressor juga menjadi terganggu. Jika macet maka pulley kompressor juga akan macet dan tidak mau diputar. Akibatnya fan belt AC akan bergesekan terlalu kuat sehingga menimbulkan bunyi berdecit, panas dan juga bau seperti karet terbakar.

Untuk memastikannya, silahkan sobat lepas terlebih dahulu belt acnya, lalu putar pulley kompressor dengan tangan. Jika sudah macet atau berputar namun terdengar gemuruh, hal ini menandakan bahwa bearing sudah mulai rusak dan perlu penggantian.

Pada sebagian mobil, bearing magnetic clutch ini ada yang bisa diganti , namun ada pula sebagian bearing yang harus diganti beserta dengan komponen magnetic clutchnya.


4. Kompressor AC bermasalah


Penyebab AC mobil bunyi berdecit saat dihidupkan yang terakhir ombro ketahui adalah akibat kompressor AC yang bermasalah. Ya, kompresor AC ini dalamnya terdiri dari beragam komponen yang berbeda.

Di dalamnya terdapat piston, katup dan silinder yang sangat mungkin terjadi perubahan sehingga dapat menimbulkan bunyi berdecit seperti misalnya oli kompressor habis, atau piston-piston didalam kompressor mengalami keausan.

Unteuk menentukan apakah kompressor AC bermasalah atau tidak sebaiknya periksakan pada bengkel-bengkel AC mobil yang memang sudah sobat percayakan kemampuannya mengingat harga penggantian untuk satu kmpressor AC ini terbilang cukup mahal harganya.

Demikianlah artikel tentang penyebab AC mobil bunyi berdecit saat di hidupkan yang bisa ombro sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil