Kode Tahun Pembuatan Ban Mobil

Mengetahui kode tahun pembuatan ban mobil sebelum membelinya merupakan salah satu langkah bijak agar anda terhindar dari pembelian ban yang waktu pakainya sudah masuk pada masa kadaluarsa (expired).

Membeli ban yang waktu pakainya sudah masuk pada masa kadaluarsa bukan saja merugikan anda disaat pembelian, namun juga akan meningkatkan resiko saat pemakaian ban berlangsung seperti contohnya, ban pecah tiba-tiba, ban tidak dapat mencengkram aspal dengan baik (slip) atau seringkali mengalami ban bocor.

Mengetahui kode tahun pembuatan ban mobil sebelum membelinya merupakan salah satu langkah  Kode Tahun Pembuatan Ban Mobil

Umumnya, umur pakai ban yang normal adalah 3 tahun dari tanggal ban tersebut diproduksi. Ban yang umurnya kurang dari 3 tahun dianggap masih memiliki performa yang baik saat digunakan. Elastisitas karet ban masih terjaga serta kemampuannya mencengkram aspal pun masih cukup optimal.

Lantas, bagaimana cara kita mengetahui kode tahun pembuatan ban mobil ? simak infonya dibawah berikut


Cara membaca kode tahun pembuatan ban mobil


Kode tahun pembuatan ban mobil biasanya di cetak di bagian sisi ban (dinding ban) yang dekat dengan velg dengan bentuk penandaan huruf yang unik mirip peneng. Masing-masing pabrikan ban memiliki kode digit tersendiri untuk menandai ban hasil produksinya, ada yang menggunakan 5 digit angka dan huruf ada juga yang sampai 7 digit.

Namun, dari rangkaian angka dan huruf kode produksi ban, hanya kode 4 digit dari belakang saja yang digunakan sebagai kode tahun pembuatan ban mobil. Ya, kode 4 digit dari belakang ini merupakan sebuah standard internasional yang menunjukkan waktu produksi ban berupa penanda waktu Minggu (Week) dan Tahun (Year) saat ban tersebut di produksi.

Perhatikan contoh kode tahun pembuatan ban mobil pada gambar dibawah ini.

Mengetahui kode tahun pembuatan ban mobil sebelum membelinya merupakan salah satu langkah  Kode Tahun Pembuatan Ban Mobil

Gambar no 1 , kode tahun pembuatan ban mobil tercetak EMAR2212.
Dengan melihat contoh kode ban diatas, maka kita bisa mengetahui waktu kapan periode waktu ban tersebut di produksi.

Perhatikan pada 4 digit angka paling belakang yaitu 2212. Dua angka kode pertama menunjukkan minggu, dua kode angka terakhir menunjukkan tahun pembuatan. Jika dibaca berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke-22 di tahun 2012, atau tepatnya pada minggu ke 4 bulan mei tahun 2012.

Selain itu, kode tahun pembuatan ban mobil juga ada yang dicetak langsung 4 angka saja seperti pada gambar no 2. Pada gambar no 2, kode tahun pembuatan ban mobil tercetak 4907.

Kode 4907 jika dibaca berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke-49 di tahun 2007, atau tepatnya pada minggu ke-2 bulan Desember tahun 2007.

Baca juga :


Nah bagaimana sobat ombro, sudah paham kan tentang kode tahun pembuatan ban mobil ? Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.