Rpl Bimbingan Konseling Kelas 12 Sma Semester Ganjil Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas Negeri  .......................
Kelas/Semester
: XII   / 1
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  I   BANGGA DI KELAS XII
A    SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
ASPEK PERKEMBANGAN
:
7. Pengembangan pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Semangat gres di kelas XII
INDIKATOR
:
Dapat menyesuaikan diri
BIDANG LAYANAN
:
Sosial
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik sanggup mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas baru
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A. Pendahuluan
1.    Memberi salam, menilik kehadiran akseptor didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di awal tahun pemikiran ini dengan bernyanyi ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.

10 ’
B. Kegiatan Inti
1.    Proses
·         Eksplorasi  :  peserta didik mencicipi A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Elaborasi    : akseptor didik mengemukakan gagasan gres perihal lagu ”Naik ke Kelas XII”
·         Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII”
2.    Aspek CTL
·         Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal semangat mencar ilmu di kelas XII.
·         Konstruktivisme (membangun) : guru BK/Konselor memberi teladan lagu “Naik ke Kelas XII”
·         Modeling (pemodelan) : guru BK/Konserlor meminta seorang akseptor didik membacakan cerita.
·         Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : akseptor didik menuntaskan tugas di modul BK : memberi tanda silang pada bak Ya atau Tidak, serta menciptakan puisi atau syair lagu kelas XII
3.    Kecakapan Hidup
·         Kooperatif : akseptor didik sanggup mencicipi sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab dalam belajar.

25’
C. Penutup
1.   Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan perlunya semangat gres di awal tahun ajaran.
2.   Refleksi       : semangat mencar ilmu di kelas XII diekspresikan melalui lagu ”Naik ke Kelas XII”

5 ’

I.PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Pendapat pribadi
Laiseg    : Ekspresi bahagia pada diri akseptor didik.
Laijapen : Tetap bahagia mencar ilmu di kelas.
Laijapan : Prestasi tercapai

II. CATATAN KHUSUS

A.  Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan :  
                                                                                                                                               
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 
                                                                                                                                                 


Mengetahui,  
                        ..............................,Juli 2017      

Kepala  SMA Negeri  ...............                                            Guru BK Kelas XII



....................................                                                            ................................................
NIP.                                                                                         NIP. 
Lebih baru Lebih lama