Rpl Bimbingan Konseling Kelas 11 Sma Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL


Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas Negeri 1 .......................
Kelas/Semester
: XI / I
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  I  SERUNYA KELAS XI
A   SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN
ASPEK DAN TUGAS PERKEMBANGAN
:
7.  Pengembangan pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Semangat gres di kelas XI
INDIKATOR
:
Dapat menyesuaikan diri
BIDANG LAYANAN
:
Sosial
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik mencicipi suasana berguru yang nyaman di kelas XI
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul B -  Psikologi Remaj, Dinamika Kelompok

LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.   Pendahuluan
1.    Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Maju di kelas VIII, penting tidak ya ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
10 ’
B.   Kegiatan Inti
1.    Proses
    Eksplorasi  : menggunakan media flip-chart untuk menyanyikan bersama lagu ”MAJU KELAS XI”
    Elaborasi    : peserta didik mengemukakan gagasan baru  secara verbal ”SERUNYA KELAS XI” untuk berprestasi.
    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman pada awal tahun di kelas XI.
2.    Aspek CTL
    Konstruktivisme (membangun) : Grateful to God, Parent’s support, Thank you my teachers, My great best friends yaitu yang menciptakan penerima didik mencicipi seru berada di kelas XI.
     dapat berada di kelas XI alasannya prestasinya dan sumbangan dari para guru kelas XI.
    Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan kiprah di modul BK dengan menuliskan syair lagu atau puisi Kelas XI.
3.    Kecakapan Hidup
     .Kooperatif : bersemangat untuk maju di kelas XI
25’
C.   Penutup
1.    Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan . semangat berada di kelas XI
2.    Refleksi       : semangat dan maju di kelas XI melalui lagu ”Maju Kelas XI”
5 ’

I.        PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Pendapat pribadi
Laiseg     : Semangat di kelas XI
Laijapen : Semangat berguru di kelas XI
Laijapan : Prestasi tercapai

II. CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
                                                                                                                                                            

B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
                                                                                                                                                             

Mengetahui,                                                                                     .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                      Guru BK Kelas XI


....................................                                                                    ................................................
NIP.                                                                                                  NIP. –
Lebih baru Lebih lama