RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
 |  Satuan Pendidikan |  : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ....................... | 
|  Kelas/Semester |  : XI   / 2 | 
|  Waktu   |  : 1  X 40  menit | 
|  MATERI LAYANAN |  : |  BAB  III  BELAJAR  A   PENTINGNYA BELAJAR | 
|  ASPEK PERKEMBANGAN |  : |  4.  Kematangan intelektual | 
|  NILAI KARAKTER |  : |  Disiplin, Kerja Keras,   Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca.   Tanggung Jawab | 
|  KOMPETENSI            |  : |  Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar | 
|  INDIKATOR |  : |  Mengikuti   acara di sekolah yang sanggup menyebarkan emosi atau keterikatan sosialnya   terhadap orang lain | 
|  BIDANG LAYANAN |  : |  Belajar | 
|  TUJUAN LAYANAN |  : |  Peserta didik   sanggup memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar | 
|  FUNGSI LAYANAN |  : |  Pemahaman,   Penyesuaian, Penyaluran, Preventif,  pemeliharaan,   Pengembangan | 
|  METODE |  : |  Kooperatif   Learning,  Joyfull Learning | 
|  SUMBER LAYANAN  |  : |  Modul B   -  Psikologi Remaja, Dinamika | 
|  LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : | ||
|  KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL |  WAKTU | 
|  A.   Pendahuluan  1.      Memberi salam, menyidik kehadiran akseptor didik dan   kebersihan kelas.  2.      Apersepsi dan motivasi : Saat ini berguru itu penting   atau tidak ?  3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan   yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. |  10 ’ | 
|  B.   Kegiatan Inti  1.    Proses   •    Eksplorasi  : peserta   didik mencicipi aneka macam pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya   belajar.  •    Elaborasi    : mengemukakan   gagasan baru  secara mulut pentingnya   belajar.  •    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap   pengalaman berguru sehari-hari.  2.    Aspek CTL   •      Questioning   (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal “Goal of Study”  •      Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik mencicipi   manfaat berguru sebagai kewajiban.  •      Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan   dongeng “Percaya diri dalam belajar”  •    Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan   kiprah di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP.  3.    Kecakapan Hidup   •    Kooperatif   : akseptor didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar. |  25’ | 
|  C.   Penutup  1.      Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan   pentingnya belajar.  2.      Refleksi       : tanggung jawab pelajar yaitu   belajar. |  5 ’ | 
 X.PENILAIAN
 |  TEKNIK |  BENTUK |  TAHAP PENILAIAN | 
|  Penilaian   diri |  Pendapat   pribadi |  Laiseg    :   Memahami kiprah utama pelajar yaitu belajar.  Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar.     Laijapan : Belajar sebagai acara utama.    | 
 XI.CATATAN KHUSUS
  A.  Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan : 
  B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 
  Mengetahui,                                                                                ..............................,    Juli 2017 
  Kepala  Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                                                Guru BK Kelas XI
  ....................................                                                               ................................................ 
  NIP.                                                                                           NIP. –