Rpl Bimbingan Konseling Sma Kelas 10 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN 

SATUAN LAYANAN KLASIKAL 


Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas Negeri 1....................
Kelas/Semester : X / 2
Waktu : 1 X 40 menit


I. MATERI LAYANAN : BAB V MY DREAM
B. KARIR YANG KUIMPIKAN
II. ASPEK PERKEMBANGAN : 8. Perilaku kewirausahaan (kemandirian sikap ekonomis)
III. NILAI KARAKTER : Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat, Sosial, Tanggung Jawab.
IV. KOMPETENSI : Memiliki minat pekerjaan melalui penguasaan berguru
V. INDIKATOR : Memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
VI. BIDANG BIMBINGAN : Karir
VII. TUJUAN LAYANAN : Peserta didik memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
VIII. FUNGSI LAYANAN : Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
IX. METODE : Kooperatif Learning, Joyfull Learning
X. SUMBER LAYANAN : Modul BK - Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
XI. LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.      Pendahuluan
1.       Memberi salam, menyidik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.
2.       Apersepsi dan motivasi :
3.       Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.
10 ’
B.      Kegiatan Inti
1.       Proses
    Eksplorasi  : menjadi pelajar yang mempunyai minat terhadap pekerjaan melalui penguasaan belajar.
    Elaborasi    : mengemukakan gagasan gres untuk memahami bidang pekerjaan.
    Konfirmasi  : memperoleh pengalaman yang bermakna sebagai dewasa dalam mencapai aspek perkembangan ialah memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya.
2.       Aspek CTL
    Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi untuk mempunyai minat pekerjaan melalui penguasaan belajar.
    Konstruktivisme (membangun) : ”PREPARING MY DREAMED CAREER” supaya penerima didik mempersiapkan diri memilih karir.
    Inquiri (menemukan) : guru BK/Konselor menunjuk beberapa siswa untuk mendeteksi kemampuan dalam berguru selama di SMP/MTs.
    Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : menuntaskan kiprah di modul BK dengan mengisi kuiz : ”NGECEK BAKAT YUK !”
3.       Kecakapan Hidup
    Karya siswa : melaksanakan acara positip yang menunjukkan penguasaan belajar.
25’
C.      Penutup
1.       Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan cara memahami bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
2.       Refleksi       : memahami pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya
5 ’
XII. PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Kuis mengecek bakat
Laiseg    : Memiliki harapan karir di masa depan.
Laijapen : Rajin berguru untuk mencapai cita-cita.
Laijapan : menunjukkan prestasi belajar

XIII. CATATAN KHUSUS

A. Diberikan reward jikalau ada perubahan sikap pada penerima didik berjulukan :
                                                                                                                                                            
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan sikap bernama
                                                                                                                                                             


Mengetahui,                                                              .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ...............                              Guru BK Kelas X

....................................                                            ................................................
NIP.                                                                         NIP. 
Lebih baru Lebih lama