Silabus Matematika Kelas 1 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun penalaran, komunikasi, dan pemecahan problem (problem solving). Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan memakai perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan moral (soft skill).

Perumusan kompetensi dasar matematika ini merupakan penyempurnaan dari kompetensi dasar sebelumnya yang meliputi: perubahan redaksi kalimat semoga lebih jelas, penyederhanaan, penyesuaian dan penataan rumusan kompetensi dasar, pengintegrasi ke dalam kompetensi dasar lainnya, serta tidak lagi memuat kompetensi dasar untuk dimensi perilaku spiritual maupun perilaku sosial.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad siswa lebih lanjut. Ruang lingkup Matematika SD/MI mencakup:
1. Bilangan,
2. Geometri dan pengukuran,
3. Statistika.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan abjad siswa lebih lanjut. 
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Alokasi waktu: 5 jam pelajaran/minggu
Kompetensi                                 Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Siswa mampu:
3.1    Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek

 4.1   Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan

·      Membilang bilangan cacah hingga dengan 99
·      Lambang bilangan cacah hingga dengan 99

·         Membilang secara urut untuk memilih banyak benda dari sekumpulan benda (diam dan bergerak)
·         Membaca dan menulis aneka macam bentuk dan ukuran lambang bilangan
·         Memasangkan gambar dengan bilangan, contohnya menurut banyak benda
·         Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bilangan cacah hingga dengan 99
·         Menyajikan dan melaporkan hasil penyelesaian problem yang berkaitan dengan bilangan cacah hingga dengan 99
Siswa mampu:
 3.2   Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai daerah penyusun lambang bilangan memakai kumpulan benda nyata serta cara membacanya

 4.2 Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ilham nilai daerah

Nilai daerah angka penyusun lambang bilangan

·           Mengelompokkan sekumpulan benda dalam satuan dan puluhan
·           Menguraikan bilangan dalam bentuk panjang (satuan dan puluhan)
·           Menentukan nilai daerah suatu angka pada sebuah bilangan
·           Menyelesaikan problem yang melibatkan nilai daerah dari bilangan dua angka
·           Menyajikan hasil penyelesaian problem yang melibatkan nilai daerah dari bilangan dua angka
Siswa mampu:
 3.3   Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda-benda nyata

 4.3   Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan memakai kumpulan benda-benda nyata

Urutan Bilangan:
·       Urutan dari bilangan terkecil ke terbesar
·       Urutan dari bilangan terbesar ke terkecil

·           Mengamati dan menyebutkan sekumpulan benda/gambar benda-benda di lingkungan sekitar
·           Mengurutkan bilangan, gambar sekumpulan benda melalui aneka macam kegiatan atau permainan
·           Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan
·           Mempresentasikan hasil pengurutan bilangan
Siswa mampu:
 3.4   Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

 4.4   Menyelesaikan problem kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99

Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 99

·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan memakai benda di sekitar contohnya kerikil, kelereng, dan lain-lain, dan menuliskannya dalam bentuk kalimat matematika
·         Mengetahui pasangan bilangan berjumlah 5 (1 dan 4, 2 dan 3) dan10 (1 dan 9, 2 dan 8, 3 dan 7, 4 dan 6, 5 dan 5)
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan aneka macam cara misalnya, menjumlahkan bilangan dengan cara pengelompokan bilangan (misalnya memakai pasangan 5 dan 10)
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 99
·         Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 99
Siswa mampu:
3.5   Mengenal contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya


4.5   Memprediksi dan menciptakan contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya


Pola bilangan

·         Mengamati gambar berpola.
·         Menentukan contoh dari kumpulan benda atau barisan bilangan tertentu
·         Memprediksi contoh bilangan atau sekumpulan benda tertentu
·         Membuat contoh bilangan dengan memakai kartu bilangan atau benda nyata lainnya
·         Menentukan contoh bilangan
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan contoh bilangan
·         Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan contoh bilangan
Siswa mampu:
3.6   Mengenal bangkit ruang dan bangkit datar dengan memakai aneka macam benda nyata

4.6   Mengelompokkan bangkit ruang dan bangkit datar menurut sifat tertentu dengan memakai aneka macam benda nyata


Bangun datar dan bangun ruang sederhana
·         Persegi
·         Persegi panjang
·         Segitiga
·         Lingkaran
·         Kubus
·         Balok
·         Kerucut
·         Tabung
·         Bola

·         Mengenal dan menjelaskan jenis-jenis bangkit datar (persegi, persegipanjang, segitiga, dan lingkaran)
·         Mengenal dan menjelaskan jenis-jenis bangkit ruang (balok, kubus, tabung, kerucut dan bola)
·         Membuat bangkit ruang dengan meniru model bangkit ruang, kemudian melipat
·         Mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda di dalam kelas yang berbentuk persegi, persegipanjang, segitiga, lingkaran, kubus, balok, kerucut, tabung, dan bola
·         Menggambar atau melukis bangkit datar dan bangkit ruang sederhana
·         Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan bangkit datar dan bangkit ruang sederhana
·         Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan bangun datar dan bangkit ruang sederhana
Siswa mampu:
3.7  Mengidentifikasi bangkit datar yang sanggup disusun membentuk contoh pengubinan

4.7  Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk contoh pengubinan


Pengubinan sederhana:
·         Persegi
·         Segitiga sama sisi
·         Potongan puzzle

·      Mengamati aneka macam bentuk contoh pengubinan yang disusun dari persegi atau segitiga sama sisi atau bangkit datar tak beraturan (puzzle)
·      Menemukan pola pengubinan dari bentuk persegi atau segitiga sama sisi
·      Melanjutkan contoh pengubinan dari beberapa bangkit datar
·      Menyajikan aneka macam bentuk contoh pengubinan yang disusun dari persegi, atau segitiga sama sisi
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan pengubinan sederhana
Siswa mampu:
3.8  Mengenal dan memilih panjang dan berat dengan satuan tidak baku memakai benda/situasi nyata

4.8   Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan memakai benda/situasi nyata


Satuan tidak baku:
·         Panjang
·         Berat

·      Mengamati aneka macam alat ukur satuan tidak baku untuk memilih panjang atau berat benda dari lingkungan sekitar
·      Mengenal, menciptakan dan memakai alat ukur satuan tak baku untuk mengukur panjang contohnya lidi dengan panjang tertentu dipakai sebagai satuan tak baku dalam pengukuran panjang
·            Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku, contohnya melaksanakan percobaan mengukur berat benda dengan kelereng (berat sebuah watu setara dengan berat 3 kelereng)
·      Mengidentifikasi benda-benda yang sesuai untuk dipakai sebagai alat ukur satuan tak baku, contohnya mengukur panjang sisi meja dengan memakai pensil sebagai alat ukur tak baku
·      Menyajikan dan melaporkan aneka macam hasil pengukuran panjang dan berat aneka macam benda ke bentuk tabel sederhana dengan alat ukur tidak baku
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan pengukuran panjang dan berat
Siswa mampu:
3.9   Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu memakai benda/ situasi nyata

4.9   Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan menurut panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


Ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu

·      Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku (lidi, tali rapia, kayu, dan lain-lain) dengan meletakkannya berjejer secara teratur kemudian membandingkan panjangnya
·      Membandingkan beratsuatu benda (lebih berat atau lebih ringan)
·      Membandingkan usang waktu aneka macam acara kegiatan (lebih usang atau lebih cepat)
·      Membandingkan suhu aneka macam benda (lebih masbodoh atau lebih panas) dengan memperhatikan aspek keamanan
·      Mengurutkan benda/kejadian /keadaan menurut panjang, berat, waktu dan suhu.
·      Menyajikan atau melaporkan hasil membandingkan aneka macam panjang benda atau berat benda ke dalam bentuk gambar atau tabel
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan ukuran panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
Untuk mendapat Silabus Matematika Kelas 1 SD revisi 2017 versi filenya silahkan klik disini.
Lebih baru Lebih lama