
 Pada Kurikulum 2013 dikala ini para terjadi banyak sekali perubahan atau revisi-revisi  bahkan hampir dissetiap bulan sehingga tidak heran para guru rada sedikit kebingungan baik untuk menyusun perangkat atau administrasu guru lainnya salah satunya yakni silabus.
  Memang banyak sekali di internet banyak sekali model dan bentuk silabus, tapi hanay sedikti yang sanggup menyesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 kini apalagi dalam K13 dikala ini harus tercantum pula beberapa komponen pokok dalam menyusunnya yang lebih menonjol yakni perangkat pembelajaran kini harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS, kemudian bagaimana cara mengakibatkan komponen tersebut ? mungkin itu yang jadi pertanyaan ? 
  Untuk membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran maematika kelas 8 SMP/MTs berikut saya bagikan Silabus Matematik kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017
 |  Kompetensi    Dasar |  Materi    Pembelajaran |  Indikator |  Kegiatan    Pembelajaran |  Alokasi    Waktu |  Sumber    Belajar |  Penilaian | 
|  3.7   Menjelaskan   sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta   hubungannya  4.7     Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan   sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta   hubungannya  3.8   Menjelaskan garis singgung komplotan luar dan komplotan   dalam dua bundar dan cara melukisnya  4.8   Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan garis singgung   komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran |  Lingkaran  ·             Lingkaran  ·             Unsur-unsur lingkaran  ·             Hubungan sudut sentra dengan   sudut keliling  ·             Panjang busur  ·             Luas juring  ·             Garis singgung komplotan   dalam dua lingkaran  ·             Garis singgung komplotan luar   dua lingkaran |  3.7.1    Mengidentifikasi   sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran.  3.7.2    Menjelaskan   kekerabatan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur   lingkaran  3.8.1    Mengidentifikasi   garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran.  3.8.2    Menjelaskan cara   melukis garis singgung komplotan luar   dan komplotan dalam dua lingkaran  4.7.1    Menentukan   kekerabatan sudut sentra dengan panjang busur.  4.7.2    Menentukan   kekerabatan sudut sentra dengan luas juring.  4.7.3    Menentukan   kekerabatan sudut sentra dengan sudut keliling.  4.7.4    Menyelesaikan   permasalahan kasatmata yang terkait penerapan kekerabatan sudut pusat, panjang   busur, dan luas juring  4.8.1    Menyelesaikan   problem kasatmata yang berkaitan dengan garis   singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran  4.8.2    Menyajikan hasil penyelesaian problem yang berkaitan dengan garis singgung komplotan luar dan komplotan dalam dua lingkaran |  ·        Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan   lingkaran serta   unsur-unsur lingkaran  ·        Mencermati problem atau   bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran  ·        Melakukan percobaan untuk   menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring,   dan garis singgung komplotan (dalam dan luar) antara dua lingkaran  ·        Mencermati cara melukis garis singgung bundar dan garis singgung komplotan antara dua bundar menggunakan jangka dan penggaris  ·        Menyajikan hasil pembelajaran perihal bundar dan garis singgung lingkaran   ·        Menyelesaikan problem yang   berkaitan dengan bundar dan garis singgung lingkaran |  30 JP |  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan  ·           Internet. |  ·           Lisan  ·           Tertulis  ·           Unjuk kerja  ·           Penugasan  ·           Produk  ·           Portofolio | 
|  3.9     Membedakan dan menentukan luas permukaan dan   volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)  4.9     Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan luas   permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima dan limas), serta gabungannya |  Bangun Ruang Sisi Datar  ·        Jaring-jaring:   Kubus, balok, prisma, dan limas  ·        Luas permukaan: kubus, balok,   prisma, dan limas  ·        Volume: kubus, balok, prisma,   dan limas  ·        Menaksir volume berdiri ruang tak beraturan |  3.9.1      Memahami luas permukaan berdiri ruang   sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)   3.9.2      Memahami volume berdiri ruang sisi   datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)  3.9.3    Mejelaskan perbedaan luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi   datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)  4.9.1      Menentukan luas permukaan berdiri   ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima   dan limas), serta gabungannya  4.9.2      Menentukan volume berdiri ruang sisi   datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya.  4.9.3      Menyajikan hasil pembelajaran perihal   berdiri ruang sisi datar   4.9.4    Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan berdiri ruang sisi datar |  ·        Mencermati model atau benda di sekitar yang   merepresentasikan bangun ruang sisi datar  ·        Melakukan percobaan untuk   menemukan jari-jari berdiri ruang sisi datar  ·        Melakukan percobaan untuk   menemukan rumus luas permukaan dan volume berdiri ruang sisi datar   ·        Menyajikan hasil pembelajaran tentang  ·        Menyelesaikan problem yang   berkaitan dengan berdiri ruang sisi datar |  30 JP |  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan  ·           Internet. |  ·           Lisan  ·           Tertulis  ·           Unjuk kerja  ·           Penugasan  ·           Produk  ·           Portofolio | 
|  3.10Menganalisis kekerabatan antar   sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis   transversal  4.10Menyelesaikan problem yang   berkaitan dengan kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar   yang dipotong oleh garis transversal |  Statistika:  ·     Rata-rata, median, dan modus  ·     Mengambil   keputusan berdasarkan analisis data  ·     Membuat prediksi berdasarkan analisis data |  3.10.1 Mengamati data dari tabel frekuensi dan gambar yang   disajikan guru  3.10.2 Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada tabel   frekuensi dan komponen-komponen yang terdapat pada gambar yang kedua.  3.10.3 Membandingkan data-data yang terdapat pada tabel   frekuensi dengan data pada gambar.  3.10.4 Menemukan kekerabatan antara data pada tabel frekuensi   dengan data pada gambar  3.10.5 Memahami cara menciptakan diagram batang pada Microsoft   excel.  4.10.1 Menyajikan hasil   pembelajaran perihal ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara   mengambil keputusan dan menciptakan prediksi   4.10.2   Menyelesaikan   problem yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara   mengambil keputusan dan menciptakan prediksi |  ·     Mencermati penyajian   data dari banyak sekali sumber media koran, majalah, atau televisi  ·     Mencermati cara memilih   rata- rata, median, modus, dan sebaran data  ·     Menganalisis data   menurut ukuran pemusatan dan penyebaran data  ·     Mencermati cara mengambil   keputusan dan menciptakan prediksi bersarkan analisis dan data  ·     Menyajikan hasil pembelajaran   perihal ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan   menciptakan prediksi  ·     Menyelesaikan problem   yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara   mengambil keputusan dan menciptakan prediksi |  15 JP |  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan  ·           Internet. |  ·           Lisan  ·           Tertulis  ·           Unjuk kerja  ·           Penugasan  ·           Produk  ·           Portofolio | 
|  3.11   Menjelaskan peluang empirik dan teoretik   suatu kejadian dari suatu percobaan  4.11          Menyelesaikan problem yang berkaitan   dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan |  Peluang  ·       Titik sampel  ·       Ruang sampel  ·       Kejadian  ·       Peluang empirik  ·       Peluang teoretik |  3.11.1 Mengidentifikasi   konsep peluang empiric  3.11.2 Mengidentifikasi   konsep peluang teoritik  3.11.3 Menentukan nilai   peluang empiric suatu kejadian sederhana  3.11.4 Menentukan nilai   peluang teoritik suatu kejadian sederhana  3.11.5 Memahami konsep   ruang sampel, titik sampel suatu kejadian.  4.11.1 Melakukan percobaan untuk menemukan kekerabatan antara peluang empirik   dengan peluang teoretik  4.11.2 Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik |  ·       Mencermati permasalahan   sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik  ·       Mencermati ruang sampel dari   peluang teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel  ·       Melakukan percobaan untuk   menemukan kekerabatan antara peluang empirik dengan peluang teoretik  ·       Menyajikan hasil pembelajaran   peluang empirik dan peluang teoretik |  15 JP |  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.  ·           Kementerian   Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku   Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan  ·           Internet. |  ·           Lisan  ·           Tertulis  ·           Unjuk kerja  ·           Penugasan  ·           Produk  ·           Portofolio | 
 Bagi Para rekan guru yang membutuhkan dalam bentuk versi file silahkan ambil disini
  Demikian agar sanggup memberi manfaat.