Rpp Sejarah Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Revisi 2017


 dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017
RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas N/S
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas /Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Kolonialisme Dan Imperialisme
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP ( 5 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuaikaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia
3.1.2 Mengidentifikasi proses kedatangan bangsa barat sampai terbentuknya pemerintahan kolonial
3.1.3 Mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa eropa ke indonesia
3.1.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong orang-orang eropa mengadakan penjelajahan samudra pada simpulan kala ke-16.

4.1 Mengolah gosip perihal proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk dongeng sejarah
4.1.1 Menyajikan gosip perihal proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) ke indonesia dan menyajikannya dalam bentuk dongeng sejarah

Baca Juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Eropa keIndonesia
• Menjelaskan kronologi dan jalur pelayaran kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
• Menganalisis perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Menganalisis kekuasaan VOC di Indonesia.
• Menganalisis proses kebangkrutan VOC.
Pertemuan ke Tiga
Setelah mengkuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
• menganalisis tokoh Daendels dan kiprah utamanya di Indonesia
• menganalisis pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan
• menganalisis tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan dijalankan di Indonesia
• Menganalisis pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dijalankan
Setelah mengkuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa.
• Mengevaluasi ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa.
• Menganalisis sebab-sebab dilaksanakan Usaha Swasta.
• Menganalisis isi dan makna Undang-undang Agraria tahun 1870.
• Menganalisis praktik pelaksanaan Usaha Swasta.
• Menganalisis akhir dari pelaksanaan Tanam Paksa dan Usaha Swasta.
Pertemuan Ke lima
Setelah mengkuti acara pembelajaran ini siswa mampu:
• Menganalisis proses masuknya Agama Nasrani di Indonesia.
• Menganalisis perkembangan Agama Nasrani di aneka macam tempat di Indonesia.
• Menganalisis mengapa Agama Nasrani di Indonesia belahan timur berkembang pesat.

Baca juga RPP Matematika Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
• Latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Eropa ke Indonesia
• Kronologi dan Jalur pelayaran kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia
• Perkembangan penjajahan bangsa Eropa di Indonesia
• Lahirnya VOC dan tujuan didirikannya
• Perkembangan kekuasaan VOC di Indonesia
• Proses kebangkrutan VOC
• Tokoh Daendels dan kiprah utamanya di Indonesia.
• Pemerintahan Daendels dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Tokoh Raffles dan prinsip-prinsip pemerintahan yang akan diterapkan di Indonesia.
• Pemerintahan Raffles dan usaha-usaha yang dilakukan.
• Latar belakang dilaksanakan Tanam Paksa
• Ketentuan-ketentuan dan pelaksanaan Tanam Paksa
• Sebab-sebab dilaksanakannya Usaha Swasta
• Isi dan makna Undang-Undang Agraria tahun 1870
• Praktik pelaksanaan Usaha Swasta
• Dampak dilaksanakannya Tanam Paksa dan Usaha Swasta
• Proses masuknya Agama Nasrani di Indonesia
• Perkembangan Agama Nasrani di aneka macam tempat di Indonesia
• Mengapa Agama Nasrani di Indonesia belahan timur berkembang pesat

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan), Information search
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

Artikel terkait RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Sejarah kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup



I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain perihal bahan pokok
• Menyimak tayangan/demo perihal bahan pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua belahan : remedial lantaran belum mencapai KKM dan remedial lantaran belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai bahan pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau bahan pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas N/S                             Guru Mata Pelajaran

………………………                  ………………………….
NIP/NRK.                                     NIP/NRK.

Lebih baru Lebih lama