Rpl Bimbingan Konseling Kelas 12 Sma Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL

Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengan Atas Negeri .......................
Kelas/Semester
: XII   / 2
Waktu 
: 1  X 40  menit

MATERI LAYANAN
:
BAB  V  MY GOAL AND CAREER
D   PERGURUAN TINGGI
ASPEK PERKEMBANGAN
:
7   Pengembangan Pribadi
NILAI KARAKTER
:
Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab
KOMPETENSI          
:
Mengetahui dunia Perguruan Tinggi
INDIKATOR
:
Memahami bidang pendidikan di Perguruan Tinggi
BIDANG LAYANAN
:
Karir
TUJUAN LAYANAN
:
Peserta didik sanggup  menentukan pilihan sekolah lanjutan hingga ke Perguruan Tinggi
FUNGSI LAYANAN
:
Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan
METODE
:
Kooperatif Learning,  Joyfull Learning
SUMBER LAYANAN
:
Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN :

KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL
WAKTU
A.   Pendahuluan
1.    Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan kebersihan kelas.
2.    Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui perihal Perguruan Tinggi ?
3.    Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus.

10 ’
B.   Kegiatan Inti
1.    Proses
·         Eksplorasi  :  peserta didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”.
·         Elaborasi    :  peserta didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan persyaratannya.
·         Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman mencar ilmu sehari-hari agar sanggup masuk ke Perguruan Tinggi.
2.    Aspek CTL
·         Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi mengenai dunia Perguruan Tinggi.
·         Learning Community (masyarakat belajar) : penerima didik membahas bersama perihal dunia Perguruan Tinggi.
·         Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : penerima didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi
3.    Kecakapan Hidup
    Kooperatif : penerima didik memahami dunia Perguruan Tinggi.
25’
C.   Penutup
1.    Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi semenjak dini.
2.    Refleksi       : persyaratan ke Perguruan Tinggi.

5 ’

I.  PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK
TAHAP PENILAIAN
Penilaian diri
Bagan jenis-jenis Perguruan Tinggi.
Laiseg    : Mencari isu Perguruan Tinggi
Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan isu yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, talenta dan minat.
Laijapan : Merencanakan kuliah.

I.  CATATAN KHUSUS
A.  Diberikan reward kalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :  
                                                                                                                                            
B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama 
                                                                                                                                             


Mengetahui,                                                                        .......................,    Juli 2017      

Kepala  SMA Negeri ...............                                   Guru BK Kelas XII




....................................                                                ................................................
NIP.                                                                             NIP. 
Lebih baru Lebih lama