Tips Penting Cara Merawat Rambut Gimbal Agar Selalu Sehat

Model rambut gimbal kerap diidentikkan dengan orang-orang yang senang dengan musik reggae. Gaya rambut ini diilhami dari gaya rambut pemusik legendaris dunia diantaranya Bob Marley. Musisi nyentrik ini adalah pionir gaya rambut gimbal. Tak hanya penyanyi tingkat dunia, di tanah air kita pun beberapa penyanyi memiliki ciri khas rambut gimbal seperti Mbah Surip (alm), Ipank, Tony Q dan Steven dari grup musik Coconut Trezz. Anda pun mungkin memilih gaya ini untuk penampilan sehari-hari. Bagi pemilik gaya ini penting mengetahui cara merawat rambut gimbal sehingga tetap terawat tanpa menimbulkan masalah kesehatan.

Cara Merawat Rambut Gimbal

Cara Merawat Rambut Gimbal

Perawatan rambut gimbal tentu tak bisa disamakan dengan perawatan rambut umumnya sebab volume rambut yang lebih tebal dan cenderung mengunci. Langkah-langkah cara merawat rambut gimbal berikut ini perlu anda lakukan untuk mempertahankan gaya unik anda :

1. Pijat kulit kepala Anda
Ini adalah langkah sederhana menjaga rambut gimbal secara alami. Memijat kulit kepala dapat merilekskan kulit kepala yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Lakukan selama sekitar 5 menit setiap malam secara teratur. Pemijatan pun akan mencegah rambut gimbal Anda dari kering sebab rambut akan melepaskan minyak alaminya.

2. Mencuci rambut gimbal
Cara merawat rambut gimbal mencakup juga langkah mencucinya secara baik. Seperti yang Anda tahu rambut gimbal tidak perlu disisir dan dipangkas secara teratur. Namun rambut Anda harus tetap bersih untuk itu anda harus mencucinya. Untuk mencuci rambut gimbal, Anda perlu merendamnya dalam air, kemudian gunakan jenis shampo lembut untuk mencucinya lalu bilas hingga bersih. Untuk mengeringkannya Anda dapat menurunkan kepala Anda sehingga membuat rambut gimbal menggantung ke bawah. Kemudian peras air dari rambut gimbal Anda. Gunakan handuk kering untuk menyerap sisa-sisa air di rambut. Setelah 15 menit, buka handuk dan biarkan rambut gimbal kering oleh udar luar.

3. Aplikasi lilin
Agar tampilan rambut gimbal selalu terjaga dengan kuat maka mendesak untuk menggunakan lilin ketika membentuk rambut gimbal. Gunakan lilin ketika rambut dalam kondisi kering. Sehabis menerapkan lilin ke rambut, selalu selubungi rambut menggunakan handuk atau syal bila hendak beranjak tidur.

4. Gunakan minyak esensial
Cara merawat rambut gimbal yang ini pun penting. Kadangkala rambut gimbal bisa memicu rasa gatal. Oleh sebab itu untuk meminimalisir rasa gatal tadi anda dapat mengaplikasikan minyak esensial peppermint beberapa tetes ke telapak tangan untuk kemudian oleskan ke rambut.

5. Patuhi pantangan
Jangan menggunakan jenis barang yang dapat meratakan rambut, misalnya mendorong mereka ke bantal ketika tidur atau mengenakan topi yang terlalu sempit. Jangan sembarangan menggunakan produk-produk perawatan rambut sebelum berkonsultasi kepada ahlinya.