Cara Melembabkan Rambut, Ini Komposisi Ramuannya

Cara Melembabkan Rambut - Ada dua alasan mengapa rambut menjadi kering. Pertama mungkin saja kulit kepala Anda tidak memproduksi minyak alami yang cukup untuk melembabkan rambut. Faktor ini bisa bersifat turun-temurun atau karena pengaruh usia sehingga produksi minyak alami melambat yang menyebabkan rambut kering. Kemungkinan kedua adalah struktur rambut Anda menyebabkan kelembabannya hilang sehingga berakibat rambut kering.

Cara Melembabkan Rambut

Sehelai rambut terdiri tiga lapisan utama. Di bagian tengah adalah medula atau inti, yang merupakan struktur pendukung. Medula dikelilingi oleh korteks yang membentuk lapisan tengah yang memberikan bentuk, elastisitas, lurus atau keriting. Lapisan paling luar adalah kutikula yang tersusun tumpang tindih laksana atap rumah. Bagian kutikula inilah yang bertanggung jawab terjadinya rambut kusam dan kusut dan kering. Yang dibutuhkan ketika rambut kering dialami adalah mengembalikan kelembaban alaminya. Cara melembabkan rambut, pilihan paling tepat adalah kembali ke alam dengan memanfaatkan aneka bahan alami yang sudah disediakan.

Bahan-bahan yang harus anda sediakan adalah :  1 kaleng santan kelapa, 1 buah pisang, 1 buah alpukat, 2 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun. Masukkan semua bahan dalam blender dan lumatkan hingga halus. Anda bisa memotong-motong dahulu buah pisang dan alpukat sebelum diblender.    Jika campuran terlalu kental Anda dapat menambahkan kondisioner. Setelah masker rambut siap, cara melembabkan rambut ini pertama basahi rambut Anda. Boleh juga dengan berkeramas terlebih dahulu. Aplikasikan masker rambut buatan sendiri tadi ke seluruh bagian rambut. Gunakan sisir untuk membantu meratakan masker ke seluruh bagian rambut sekaligus agar rambut tak kusut.

Tutup rambut dengan bungkus plastik atau topi mandi. Anda dapat menggunakan blow dryer untuk memanaskan rambut atau handuk hangat. Biarkan masker bekerja setidaknya 30 menit sampai satu jam. Semakin lama akan semakin baik. Anda juga dapat membiarkannya semalaman. Setelah itu cuci rambut anda dengan air bersih. Jangan menggunakan shampoo sebab hal ini bisa melepaskan kelembaban yang baru saja ditambahkan ke rambut Anda. Pastikan untuk menyikat secara menyeluruh untuk menghilangkan partikel yang tertinggal. Tata rambut anda seperti biasa dan nikmati rambut yang lembab, lembut dan segar.

Cara melembabkan rambut Minum pun harus diimbangi dengn minum lebih banyak air. Mungkin anda pernah mendengar sebelumnya, rambut sehat dimulai dari dalam. Jika tubuh Anda dehidrasi maka kulit dan rambut akan mengikuti. Bagaimana pun saat anda merawat kulit dengan banyak minum air putih maka kelembaban rambut pun akan diperoleh. Aturan umum praktis untuk asupan air setiap hari adalah setengah dari berat badan Anda. Sebagai contoh bila seseorang memiliki berat 72 kg maka setidaknya harus minum 80 oz atau 2,5 liter.

Baca artikel perawatan rambut berikutnya tentang 6 Alternatif Alami Cara Merawat Rambut Tebal.